KONVERGENSI
Konvergensi dapat merujuk pada teknologi yang sebelumnya terpisah,
seperti suara (dan fitur telepon), data (dan produktivitas aplikasi) dan video,
yang sekarang berbagi sumber daya dan berinteraksi antara satu dengan yang
lain, sinergis menciptakan efisiensi baru. Pengertian harfiahnya adalah dua benda atau lebih bertemu/bersatu di suatu
titik; pemusatan pandangan mata ke suatu tempat yang amat dekat. Secara umum,
konvergensi adalah penyatuan berbagai layanan dan teknologi komunikasi serta
informasi (ICTS – Information and Communication Technology and Services).beberapa perkembangan konvergensi antara lain :
Broadband
Broadband mengacu pada lebar
bandwith yang karakteristik dari media transmisi dan kemampuannya untuk mengangkut
beberapa sinyal dan jenis lalu lintas secara bersamaan. Media dapat membujuk
serat optik, nirkabel. Sebaliknya, baseband menjelaskan system komunikiasi
dimana informasi melintasi satu saluran
VPN
VPN adalah singkatan dari virtual private network, yaitu sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan tramisis data paket secara pribadi, dengan enkripsi perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yan umum, tetapi traffic ( lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang semestinya ke dalam remote-site
Pemanfaatan IT dan Konvergensi
Konvergensi teknologi menjadi sebuah trend
baru yang bakal mengubah cara hidup masyarakat dan perilaku bisnis. Fakta ini
seolah kian menegaskan, masyarakat dunia telah memasuki era baru
yang serba mobile, praktis, personal, dan digital. Bisnis informasi dan
komunikasi sebagai salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi dunia telah
mengalami pergeseran.
Media Konvergensi
Media Konvergensi adalah bergabungnya (berintegrasinya)
fungsi-fungsi beberapa media ke dalam satu media. Konvergensi media muncul
karena:
(1) dorongan kebutuhan akan beberapa fungsi
media,
(2) teknologi yang telah memungkinkan
berintegrasinya fungsi-fungsi dari beberapa media tersebut.
KONSEP JEJARING SOSIAL
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk
dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin
dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial
memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.
Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah
hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.
Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan
jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan
cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan
seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Sejarah
Jejaring Sosial
Kemunculan situs jejaring sosial ini
diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh
belahan dunia. Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk
membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs
sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi
secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar
jejaring bisnis. Tahun 2002,
muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula
disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam
keanjutannya,friendster ini
lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial
interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun
2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang
paling diminati.
Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern
memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun
2009, kemunculan Twitterternyata
menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak
mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). Tahun 2012,muncul kembali dan
menambah kembali situs jejaring sosial untuk semua usia yang bernama Ketiker. Ketiker adalah situs web yang menawarkan
jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk
mengirim dan membaca pesan yang disebut post.
Layanan
Jejaring Sosial
Banyak layanan
jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam
bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video,
chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring
sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat
meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya.
Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk
dapat saling sharing didalamnya.
Facebook
·
Twitter
· Kaskus
· Friendster
· Heello
· MySpace
· Yahoo Messenger
Dan lain-lain
KONSEP PODCASTING
Istilah "podcasting"
pertama kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat
kabar The Guardian pada
Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan
teknologi baru ini. "Podcast" merupakan lakuran kata "pod"
— "playable on demand" (dimainkan atas permintaan), yang kelak
digunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk merek pemutar media saku (portable media player) iPod — dan "broadcasting"
(penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan, karena siniar dapat digunakan tanpa
iPod, atau bentuk pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat diperoleh
dengan komputer yang dapat memainkan berkas media.
Penggunaan istilah
"podcast" mendahului adanya dukungan asal (native support)
untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak Apple iTunes.
Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah "iPod", beberapa
orang memakai istilah "netcast" sebagai pengganti
"podcast", seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo
Laporte. Singkata balik (backronym) telah diusulkan supaya "podcast"
dapat diuraikan sebagai "personal on demand broadcast"
(penyiaran atas permintaan pribadi).
Manfaat:
Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat
Anda terima jika Anda menggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat
komunikasi:
(1) Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan
situs Anda lebih mudah ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast
yang tersedia. Visibilitas untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian
pula, mesin pencari akan dapat menemukan podcast Anda lebih mudah juga.
(2) Menyediakan alat komunikasi bisnis yang
efektif
Salah satu manfaat penting dari Podcasting
adalah kenyataan bahwa itu benar-benar menyediakan alat komunikasi tambahan
untuk bisnis online Anda. Orang-orang akan datang untuk tahu tentang situs
Anda. Apa yang telah ditulis dan ditawarkan di situs Anda akan bisa mendapatkan
kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli di bidang Anda.
(3) Memberikan kesempatan untuk memberikan
nilai tambah menawarkan
Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan
nilai tambah menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan kepentingan
pembaca dan pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan tawaran ini.
Mereka dapat kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips
untuk minggu ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam perdagangan
opsi.
(4) Menyediakan retensi memori yang lebih
baik
Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan
mengalami. Jika digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori
sekitar 75% untuk rata-rata orang. Ini menyimpulkan bahwa pesan audio pasti
lebih berkesan dari hanya teks biasa. Retensi memori adalah salah satu manfaat
lebih penting bisa Anda dapatkan dari Podcasting.
(5) Menyediakan kemudahan penggunaan
Podcast Anda dapat dengan mudah diputar pada
pemutar MP3 portabel. Orang akan dapat mendengarkan podcast Anda di mana saja
dan kapan saja. Podcasting membuat mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa
rewel.
(6) Memberikan kesempatan untuk peningkatan
lalu lintas
Jika podcast Anda berisi konten yang besar,
mereka akan mengarahkan lalu lintas ke situs Web Anda. Hal ini akan menciptakan
dampak pada penjualan Anda dan garis bawah. Konten Anda juga harus informatif,
menarik, dan harus selalu menyediakan nilai nyata bagi pendengar Anda. Melalui
Podcasting, Anda juga dapat berkomunikasi dengan audiens target Anda.
Podcasting adalah trend komunikasi terbaru
dengan pemasar di web. Ia menawarkan jangkauan menguntungkan untuk jutaan
pendengar yang pelanggan potensial. Kemungkinan pemasaran banyak. Podcasting
adalah sekarang rute emas untuk memilih, dan tidak harus dibiarkan keluar
sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi.
KONSEP RSS
Kita pasti sering mendengar kata
atau istilah RSS. RSS biasanya sering dilambangkan dengan icon
seperti di samping. Apa itu RSS? RSS adalah singkatan dari
istilah yang merujuk pada beberapa protokol:
- Really Simple Syndication ( RSS 2.0 )
- RDF Site Summary (
0.9 dan 1.0 )
- Rich Text Summary (
0.91 )
Defenisi:
RSS adalah suatu teknologi dalam
dunia web yang dibangun untuk mempermudah kita untuk membaca ataupun
berlangganan konten (isi/artikel) dari suatu situs/web/blog. RSS merupakan
versi sederhana dari halaman web yang berisikan hanya konten artikel saja,
tanpa adanya fitur-fitur lain seperti widget, iklan, CSS, ataupun javascript.
Manfaat:
RSS biasanya digunakan secara luas
di website yang menyediakan konten yang dinamis dan terupdate secara berkala,
seperti halnya blog, portal berita, dan lain-lain.
RSS digunakan secara luas oleh
komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal,
kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. RSS
digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan
termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain
yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
Manfaat yang diperoleh dengan adanya
RSS adalah pembaca sangat dimudahkan dalam mengetahui update terbaru suatu
website tanpa perlu mengunjungi alamat website tersebut, karena pembaca hanya
butuh untuk berlangganan pengumpan (feed) dari website tersebut.
Beberapa website atau blog hanya
menyediakan umpan RSS berupa beberapa baris kalimat atau ringkasannya saja,
namun ada juga yang menyediakan umpan berupa artikel penuh, tergantung tujuan
dari masing-masing pengelola website tersebut.
Definisi IPTV
IPTV adalah suatu layanan multimedia
yang terdiri atas programtelevisi, video (gambar bergerak), audio (suara),
tulisan (text),graphics (gambar diam) dan data yang disalurkan ke
pelangganmelalui suatu jaringan tertutup yang berbasis IP.
IPTV bukan sekedar siaran TV yang
disalurkan melalui internet dandapat diakses oleh siapa saja, tanpa adanya
jaminan-jaminan daripenyelenggara.
Penyelenggara IPTV menjamin
pelanggan atas kualitas (QoS/QoE),keamanan (security), kemampuan berinteraktif
dan keandalan darilayanan yang disalurkan oleh penyelenggara IPTV sampai
layanantersebut diterima oleh pelanggan-pelanggan.
Dalam layanan IPTV, semua aktivitas
layanan baik video ataupun
“interaktif melalui platform IP”disalurkan
ke pelanggan dengansuatu “jaringan tetap broadband” (fixed broadband network)
xDSLatau FTTH yang dapat dinikmati oleh pelanggan melalui suatupesawat TV
standar dengan IP-STB.
IPTV vs Internet:
IPTV
- Closed system, kualitas layanan
terjamin(managed QoS).
- Video konten dikirim hanya
kepadapelanggan (known subscriber) Pengiriman melalui IP packets sampaidengan
pelanggan (end customer).
- Dikirim melalui infrastruktur
jaringan milik service provider.
- Sesuai dengan jangkauan jaringan
yang dimilikinya.
- Umumnya menggunakan IP-STB
digitaluntuk mengakses dan pengkodeanlayanan konten.Menggunakan PC, software
yangdigunakan tergantung formatkonten.
- Biaya
- Video konten dibuat oleh
perusahaan profesional, jumlahnya terbatas.
Internet
TV
- Open system, kontrol kualitas
layanan tidak dijamin (BestEffort QoS).
- Video konten dikirim kepada
siapapun Pengiriman melalui IP packets sampai internet cloud sendiri.
- Dikirim dan diterima melalui public
internet yang melibatkanbanyak pihak.
- Tidak ada batasan wilayah,
dimanapun ada akses internet.
- Umumnya menggunakan PC, software
yang digunakan tergantung format konten.
- Gratis
- Video konten bisa dibuat siapapun,
jumlah kontennya tidak terbatas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar